Identifikasi Kanker Tulang



Penyebab Kanker Tulang


Walaupun penyebab kanker tulang belum diketahui secara pasti. Namun dugaan muncul kanker tulang disebabkan oleh adanya perubahan mutasi yaitu perubahan sel didalam struktur DNA akibatnya tumbuh tidak terkendali.


Jenis Kanker Tulang

Kanker tulang dibedakan menjadi 2, yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang skunder. Kanker tulang primer adalah kanker tulang yang muncul tepat langsung pada tulang. Sedangkan kanker tulang skunder adalah kanker yang berasal dari bagian alain dan meyebar hingga ketulang.

Jenis-jenis kanker tulang primer meliputi:

·         Osteosarcoma. Kanker tulang ini paling sering terjadi pada lutut dan lengan atas.
·         Chondrosarcoma, terjadi paling sering pada panggul (terletak antara tulang pinggul), kaki bagian atas, dan bahu.
·         Ewing Sarkoma, dapat muncul pada jaringan lunak seperti otot, lemak, jaringan fibrosa, pembuluh darah, atau jaringan pendukung lainnya.
·         Tumorl Sel raksasa pada tulang.
·         Chordoma,  seringkali muncul pada dasar tulang tengkorak atau pada tulang belakang.


Gejala Kamker Tulang

·         Rasa sakit pada tlang yang berkempanjangan.
·         Pembengkakan ditulang atau disekitarnya.
·         Kepekaan menurun.
·         Inkontinensia adalah kondisi di mana tidak dapat mengontrol kinreja dari usus serta kandung .kemih disebabkan karena impuls impuls syaraf yang terganggu.
·         Kelumpuhan.
·         Penurunan berat badan .
·         Fraktur, adalah patah tulang atau terputusnya kontinuitas jaringan tulang yang ditentukan sesuai dengan jenis dan luasnya.


Pengobatan Kanker Tulang

1.      Operasi
-          Amputasi, dilakukan apabila kanker telah menyebar ke area lain seperti kulit, pembuluh darah dan saraf.
-          Operasi pengangkatan tulang, dilakukan apabila kondisi kanker belum, menyebar keluar tulang.

2.      Kemoterapi adalah salah satu prosedur perawatan yang paling umum diberikan untuk kanker. Terapi ini mengandalkan kemampuan dari obat-obat khusus untuk menghancurkan sel-sel kanker yang menyerang tubuh. Obat tesebut bekerja dengan memperlambat maupun menghentikan pertumbuhan sel kanker.
3.      Pembedahan merupakan terapi yang biasanya dipilih untuk kanker tulang. Dokter bedah harus melakukan teknik bedah yang khusus untuk meminimalisir banyaknya jaringan sehat yang akan terbuang bersama dengan tumor.
4.      Radioterapi pengobatan yang dilakukan dengan memanfaatkan sinar sebagai energi intensif membunuh sel kanker. Terapi radiasi pada umumnya menggunakan kekuatan X-ray, namun bisa juga memanfaatkan kekuatan proton atau jenis energi lain.
5.      Cryosurgery merupakan pengobatan dengan menggunakan nitrogen yang berbentuk cair untuk membekukan dan membunuh sel kanker.







Artikel Terkait Identifikasi Kanker Tulang :

Diberdayakan oleh Blogger.